Pendiri

Foto saya
Nama lengkap saya Yasser Mohammad, tapi saudara bisa panggil saya bung yes. Saya seorang eksistensialis-muslim. Sejauh ini saya udah menulis tiga buku. Dan data lengkap ketiga buku tersebut dapat Anda lihat di blog ini. Jika tertarik dapat menghubungi langsung penulis. Saya tidak terlalu produktif menulis. Paling cepat butuh waktu satu tahun untuk menulis. Hal ini dikarenakan saya lebih mengedepankan idealisme daripada tuntutan pasar. Kalau anda tertarik bersahabat dengan saya. Ingin menjadi kritikus. Saling berbagi pengalaman. Bisa add saya di facebook. Silakan lihat alamat facebook saya di bagian bawah situs ini. Salam

Senin, 01 Maret 2010

Pesantren Filsafat


Diresensi oleh Usup Supriyadi

http://degoblog.wordpress.com/2010/02/02/kuliah-di-pesantren-filsafat/

Mencari jawaban atas sebuah pertanyaan melalui pendekatan Filsafat? Mengapa tidak! Walaupun terkadang jawabannya dapat menjadi bumerang bagi Anda, tapi bisa jadi malah mencerahkan Anda! Kuliah di Pesantren Filsafat, tidak sekedar menjadi filsuf, tapi dengan tarik ulur filsafat dan agama, maka Anda dituntut lulus dari Pesantren Filsafat dengan gelar Filsuf-Muslim. Tertarik? Murah lho. Silahkan disimak! (ini adalah postingan tentang resensi sebuah buku)

…Ide buku Pesantren Filsafat telah muncul sejak pertengahan tahun. Di tahun tersebutlah untuk kali pertama penulis jatuh cinta pada dunia filsafat. Pada umumya, seseorang ketika ditimpa musibah akan menemukan kedamaian dalam pelukan hangat agama; namun ironisnya, dalam kasus penulis “agamalah” yang justru menjadi biang-kerok permasalahan. Hingga akhirnya penulis mulai mencari alternatif spiritualitas dalam tradisi filsafat dan kebijaksanaan Timur. Hasilnya, filsafat bukannya mengendorkan iman malah justru memperkokohnya! Kata-kata mutiara yang menginspirasi dalam buku ini sesungguhnya lahir dari tarik-ulur doktrin agama dan filsafat dalam kehidupan penulis. Untuk lebih jelasnya pergulatan tersebut, tak ada salahnya Anda membaca buku perdana penulis berjudul “Mendobrak Pintu Langit” istilah Pesantren Filsafat sendiri merajuk pada tema buku ini yang memmbahas filsafat bukan dari segi teoroitias namun praksisnya. Sebagaimana diketahui bersama, sistem pesantren mengedepankan pembentukasn karakter santri dan bukan sekedar memebekali dengan ilmu pengetahuan.

Buku Pesantren Filsafat menggunakan pendekatan baru dalam dunia perbukuan Indonesia, yakni dengan mengkombinasikan empat jenis penulisan sekaligus. Bentuk pertama, penulisan artikel untuk mengangkat permasalahan; kedua konsep-dasar sebagai ladasan studi lebih lanjut; ketiga, karikatur untuk mengembangkan imajinasi dalam tema terkait; dan terakhir, anekdot supaya ide-ide yang ditawarkan bisa diresapi secara maksimal. Seluruh bentuk penulisan berbeda tersebut disatukan secara alamiah dalam satu tema, “kuliah di Pesantren Filsafat”. Sebagaimana diketahui, kegiatan kegiatan perkuliahan tidak jauh-jauh dari lektur, cari referensi di perpustakaan, guyon dengan teman sekelas, hingga corat-coret di kertas kosong. Begitu pun pada akhir “perkuliahan” kami memberikan kesempatan para pembaca untuk berpartisipasi aktif dengan mengirimkan tesis-nya sebagai syarat memperoleh ijazah kelulusan…

***

Itulah sedikit tulisan dari penulis buku “Pesantren Filsafat” yang saya kutip dari bukunya tersebut dibagian Abstrak. Adalah Mohammad Yasser sarjana bidang Sejarah dan Peradaban Islam dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Kini ia sedang melanjutkan studi Master di ICAS Jakarta bidang Islamic Philosophy.

Benar sekali apa yang ditulis oleh Mohammad Yasser dalam kutipan abstraknya tersebut. Bukunya ini sangat inovatif, ekslusif, dan orisinil. Ketika saya tidak sengaja bertamasya ke beranda buku-buku ke-Islam-an di salah satu took buku besar di kota Bogor, bertemulah saya dengan buku tersebut, dan yang membuat saya tertarik ialah kata-kata dicover tersebut (sebagaimana sudah saya tulis dikata-kata dicover buku tersebut pada gambar dimuka) sangat menarik menurut saya. Dan lebih menarik lagi ketika saya melihat-lihat isinya. Harganya? Menurut hemat saya sangat terjangkau.

Buku ini bertujuan untuk mendorong Anda untuk menjadi filsuf muslim. Ya, kebetulan semenjak lulus SMA saya juga tertarik dengan dunia kefilsafatan, entahlah saya merasakan kenyamanan ketika menyelami dunia filsafat.

Sejauh yang saya tahu penulis sudah menulis tiga judul buku; Pesantren Filsafat (Rp.14.500) , Mendobrak Pintu Langit: Catatan dan Refleksi (Rp. 18.000), dan Second Religion: Anekdot Mencerahkan Ala Sepakbola (RP. 25.000). Selain menjadi seorang penulis beliau juga menjadi seorang penerbit, tepatnya memiliki penerbitan sendiri bernama YES Corner, yang terletak di Jl. Pejaten Raya No. 26 Jakarta 12510, Tel/Fax : 021-79180495, email penerbit_yes@yahoo.co.id, para pembaca bisa menghubungi penulis dengan alamat tersebut, dan email tersebut termasuk alamat account facebook dan friendster penulis. Buku-bukunya sudah tersebar hampir diseluruh toko buku, terutama Gunung Agung

Saya sudah selesai membaca bukunya dan sedang fokus membuat Tesisnya agar mendapatkan ijazah dari Pesantren Filsafat. Sekian dan terima kasih, buku ini saya rekomendasikan kepada Anda sekalian untuk dibaca.

***

NB: Terimakasih untuk Usup Supriyadi dari Bogor, yang telah dengan sukarela meresensi buku ini di blog nya...Penghargaannya memberi semangat saya untuk terus menulis di tengah2 berbagai keterbatasan.

Tidak ada komentar: